CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 11 November 2012

Pengalaman Kuliah di Kampus Akbid Bina Husada Tangerang




Banyak pengalaman yang saya alami selama berada di AKBID Bina Husada. Dari pertama masuk yaitu ketika pertama kali PPS (Orientasi Mahasiswi) saya mendapat teman baru, yang pertama haya kenal 3 orang, menjadi beberapa orang karena banyak hal-hal yang harus dikerjakan bersama-sama. Banyak pelajaran yang dapat diambil disini yaitu kita harus jadi partner yang baik, peduli terhadap sesama dan kekompakan terhadap teman sejawat.                  
 



Setelah menjadi mahasiswi AKBID Bina Husada banyak mengenal hal-hal kesehatan yang belum pernah saya ketahui. Selain itu saya bertemu dengan para dosen yang karakternya berbeda-beda dan banyak memberikan pengetahuan, support, bimbingan, masukan untuk menjadi lebih baik lagi. Inilah saya bersama teman-teman saya beserta para dosen yang membimbing saya.

Setelah berjalan selama 6 bulan (1 semester) saya di lantik sebagai mahasiswi kebidanan yaitu acara Capping Day. Saya dan teman-teman saya bersama-sama mengucapkan janji/sumpah bidan. Dan saya bersama teman-teman saya telah resmi memakai baju putih biru. Semua ini tidak akan ada bila saya mengambil jurusan lain. Dan yang lebih menyenangkan lagi saya memperoleh penghargaan sebagai juara pertama. Sebenarnya saya tidak menyangka semua itu bisa saya lakukan J.
                      

Selain pengalaman di kampus juga saya mendapatkan pengalaman di lahan praktik. Di lahan saya benar-benar merhadapan dengan pasien dan disinilah ilmu yang saya dapatkan di kampus diterapkan di masyarakat. Pertama praktik saya di RSUD Cengkareng, disana kita belajar sebagai perawat, seperti mengifus, pemasangan NGT, pemasangan oksegen, pengambilan spesimen baik darah maupun yang lain, dan lain-lain. di sana juga saya belajar menghadapi pasien, mengatasi pasien dengan karakter yang berbeda-beda. Praktik kedua dan ketiga saya berada di BPS dan disana saya pertama kali belajar penyuluhan kepada ibu-ibu hamil, pemeriksaan kehamilan, menyuntik KB, memberikan imunisasi, melihat partus, dan menolong persalinan, bayi baru lahir dan ibu nifas. Praktik ke empat saya berada di Puskesmas Johar Baru, dan disana banyak sekali pengalaman yang berbeda dari yang pernah saya alami. Disana saya terjun lansung ke masyarakat, dan memantau langsung bagaimana kondisi kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar. Sungguh pelajaran yang amat berharga yang saya tidak bisa dapatkan di lain waktu.



Selain tentang kebidanan ada juga pengalaman yang saya dapat dari seminar-seminar yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan maupun pelatihan-pelatihan yang saya ikuti mewakili kampus saya. Salah satunya yaitu pelatihan Carakter Building yang di selenggarakan di Hotel Narita Cipondoh. Saya sangat bersyukur atas kepercayaan kampus terhadap saya untuk mengikuti pelatihan ini. Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan dan berarti bagi saya.

Pengalaman yang tidak terkalahkan juga saya dapatkan dari organisasi-organisasi yang saya ikuti di kampus yaitu IKM (Ikatan Keluarga Mahasiswa) atau jika di kampus lain dikenal dengan sebutan BEM. Saya menjabat sebagai bendahara IKM dan pengalaman-pengalaman yang saya dapat itu berasal dari kegiatan-kegiatan yang IKM selenggarakan yaitu seperti buka bersama saat bulan suci Ramadhan, penyelenggaraan PPS, Baksos dan kurban. Semua ini menambah kreatifitas dan pengalaman saya di bidang lain
Itulah pengalaman-pengalaman saya selama berada di Akbid Bina Husada Tangerang dan saya sedang berada di semester V. Selama di sana banyak suka dan duka, dan banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan.

3 komentar: